Tentang Fakultas Kedokteran Gigi ULM

Pada tanggal 13 Agustus 2009, didirikanlah Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Program studi ini berada dalam naungan Fakultas Kedokteran, dan beralamatkan di Jalan Ahmad Yani km 36,5 Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Tanggal 10 Desember 2015, PSKG FK ULM berubah menjadi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat sebagai fakultas ke-11 di lingkungan ULM. Kampus baru yang beralamat di Jalan Veteran No. 128-B RT.20, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Visi

“Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi terkemuka dan berdaya saing yang menghasilkan sarjana kedokteran gigi yang handal dalam keilmuan, unggul dalam bidang riset bahan alam kedokteran gigi dari lingkungan lahan basah dan menciptakan dokter gigi yang profesional”.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan memantapkan penyelenggaraan pendidikan kedokteran gigi yang berbasis kompetensi dan pembelajaran berpusat pada mahasiswa.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK kedokteran gigi yang mengacu pada unggulan universitas, kebutuhan prioritas masyarakat lokal dan daerah serta pembangunan nasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK kedokteran gigi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis permasalahan kesehatan gigi berwawasan penyakit pada lahan basah.

Agenda Kampus

Pendidikan dan Pengajaran

Letak geografis FKG ULM berada didaerah yang mayoritasnya adalah lahan basah. Seluas 60% lahan basah di dunia adalah gambut. Lingkungan lahan basah membuat pola perilaku kesehatan gigi masyarakat. Hal tersebut mendorong FKG ULM untuk menyusun kurikulum dengan unggulan riset bahan alam kedokteran gigi di lingkungan lahan basah. Penyusunan kurikulum FKG ULM dimulai dengan menetapkan profil lulusan, standar kompetensi yang sesuai dengan SN Dikti, Standar Kompetensi Dokter Gigi (SKDGI), Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter Gigi (SNP2DG). Capaian pembelajaran yang dibuat juga sesuai dengan level Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Penelitian dan Pengembangan

Kegiatan penelitian dan pengembangan memiliki fokus pada lingkungan lahan basah sesuai dengan visi dan misi fakultas. FKG ULM selalu mengupayakan peningkatan produktifitas dosen dalam hal penelitian dengan harapan menghasilkan produk tepat guna untuk meningkatkan standar hidup masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Capaian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan atau mahasiswa PS wajib memperoleh Hak Kekayaan Intelektual berupa Paten, Paten sederhana, Hak cipta, Merek dagang, Rahasia dagang, Desain produk, Teknologi tepat Guna, dan Model/ desain/ rekayasa atau karya yang mendapat pengakuan/ penghargaan dari lembaga nasional/ internasional. Capaian pengabdian masyarakat dengan pemanfaatan bahan alam dari lahan basah hasil penelitian dosen FKG ULM sedang dikembangkan menjadi produk luaran dan capaian pengabdian pada masyarakat FKG ULM. Bahan alam tersebut saat ini terus dikembangkan untuk mencapai paten atau hak kekayaan intelektual agar dapat dimanfaatkan masyarakat. Proses ini difasilitasi secara penuh oleh FKG ULM.