baksosnas-1Bakti Sosial Nasional Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (Baksosnas PSMKGI) tahun 2015 dengan tema “BUNGAS” (Baimbai Maulah Langkar Gigi Anak Seribu Sungai) dilaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) sebagai tuan rumah, dengan rangkaian acara yang terhitung sejak tanggal 25 Juli 2015 hingga tanggal 28 Juli 2015. Baksosnas PSMKGI tahun 2015 ini diikuti oleh 94 orang delegasi yang terdiri dari 31 orang mahasiswa klinik dan 63 orang mahasiswa preklinik dari 23 institusi kedokteran gigi se-Indonesia yaitu UNAND, UI, USAKTI, UNIV DR.MOESTOPO BERAGAMA, UNAIR, UB, UHT, UNIMUS, UMS, UNISSULA, UNSOED, IIK, UNEJ, UNPAD, UNJANI, UNIV KRISTEN MARANATHA, UGM, UMY, UNMAS, UNMUL, UNHAS, UMI, UNSRAT, dan ditambah 77 delegasi mahasiswa klinik dari Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat.

Bakti Sosial Nasional PSMKGI 2015 ini dilaksanakan di UNLAM berdasarkan keputusan di Rapat Kerja Nasional PSMKGI di Universitas Padjajaran Bandung pada bulan Februari tahun 2015. Persiapan dimulai dari pendaftaran open recruitment di awal bulan Maret yang diikuti oleh 185 mahasiswa/i PSKG FK UNLAM dari angkatan 2011-2014, dilanjutkan dengan seleksi kepanitiaan sejak tanggal 15-18 Maret 2015 oleh kepanitiaan inti yang telah dibentuk sebelumnya oleh Ketua pelaksana yang telah dipilih oleh  pembina yang bekerjasama dengan para anggota Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HimaKG) UNLAM, selanjutnya terpilih 127 panitia selektif dan 9 drg penanggung jawab sehingga jumlah total kepanitiaan menjadi 154 panitia untuk 12 divisi yaitu divisi Inti, divisi acara, divisi dana dan usaha, divisi hubungan masyarakat, divisi kesekertariatan, divisi dokumentasi dan IT, divisi transportasi, divisi konsumsi, divisi akomodasi, divisi perlengkapan, divisi liason organizer, dan divisi dekorasi.

baksosnas 2

Dalam rangka menyambut kegiatan Bakti Sosial Nasional PSMKGI 2015 kali ini, institusi lain yang menjadi anggota Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia periode 2014-2016 menyelenggarakan kegiatan Tribute To Baksosnas. Kegiatan ini bertujuan agar makna bakti sosial ini benar – benar terlaksana secara nasional, dalam arti tidak hanya masyarakat Banjarmasin yang merasakan manfaat dari kegiatan Baksosnas ini melainkan masyarakat – masyarakat di daerah lain juga dapat merasakan manfaatnya.

Rangkaian acara kegiatan Bakti Sosial Nasional PSMKGI 2015 yang dimulai pada tanggal 25 Juli 2015 ini diawali dengan acara pembukaan di gedung teater Fakultas Kedokteran UNLAM kemudian dilanjutkan dengan malam ramah tamah bersama Gubernur Kalimanatan Selatan di Mahligai Pancasila yang merupakan kediaman bapak Gubernur dan diakhiri dengan forum koas nasional (Forkasnas) yang kembali bertempat digedung teater Fakultas Kedokteran UNLAM.

Pada hari kedua yaitu tanggal 26 Juli 2015 dibagi dalam dua kegiatan yaitu pelatihan ketangkasan kemiliteran bagi para mahasiswa pre klinik yang dilaksanakan di Resimen Induk Daerah Militer (RINDAM) dan bagi para mahasiswa klinik melanjutkan kegiatan Forkasnas di kampus FK UNLAM, kemudian pada siang hari seluruh delegasi baik mahasiswa klinik maupun pre klinik kembali berkumpul untuk menghadiri acara silaturahmi bersama pemerintahan kabupaten Banjar di halaman kantor Sekertaris Daerah kabupaten Banjar dan dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional yang terlaksana di Ballroom hotel Amaris kota Banjarmasin.

baksosnas 3

Seminar nasional pada rangkaian acara Baksosnas PSMKGI 2015 ini diikuti oleh seluruh delegasi dan ditambah dengan para mahasiswa program studi kedokteran gigi UNLAM. Seminar nasional ini terdiri dari 3 materi, dengan pembicara drg. Isyana Erlita, Sp.KG pada materi pertama yang bertemakan “Pain Management of Conservative Dentistry” yang bertujuan agar para peserta seminar mendapat tambahan ilmu dalam bidang konservasi kedokteran gigi dan bagaimana cara menangani rasa sakit dalam perawatannya baik secara klinis maupun psikologis. Materi kedua dibawakan oleh drg. Irham Taufiqurrahman, Sp.BM yang bertemakan “Dental Emergency Proceduras”, tema ini diangkat dengan tujuan peserta seminar mendapatkan ilmu tambahan bagaimana cara dan pertolongan pertama apa saja yang akan dilakukan saat menangani pasien mengalami kejadian yang tidak diinginkan pada saat tindakan. “Environmental Management System of Hospital” menjadi tema pembicara ketiga yang dibawakan oleh Dendy Primanandi, ST yang bertujuan agar para peserta seminar mendapatkan tambahan ilmu dalam menangani limbah medis maupun nonmedis sehingga dapat mengolah limbah dengan baik dan benar serta tidak menimbulkan bahaya bagi masyarakat sekitar.

Hari ketiga dalam rangkaian acara Baksosnas PSMKGI 2015 ini merupakan acara inti yang kemudian ditutup dengan acara Cultural Night sebagai wadah promosi  kebudayaan dan pariwisata kota Banjarmasin baik dalam segi dekorasi, pengisi acara dan makanan yang disuguhkan bagi para delegasi.

baksosnas 4

Kegiatan Bakti Sosial PSMKGI kali ini dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu di kelurahan Mantuil kota Banjarmasin yang terlaksana di halaman Masjid Noorhidayaturrahim Jl. Mantuil Permai Rt.2 No.20 Banjarmasin dan Kecamatan Aluh – Aluh Kabupaten Banjar yang terlaksana di depan Kantor Kecamatan Aluh – Aluh Jl. Inpres Rt.002 desa Aluh – Aluh Besar tepat pada tanggal 27 Juli 2015. Siswa/i SD, SMP dan masyarakat umum menjadi target dalam kegiatan baksos ini, sebelumnya pada tanggal 22 Juli 2015 seluruh panitia melakukan sosalisasi door to door untuk informasi secara langsung kepada masyarakat sekitar mengenai terkait kegiatan baksosnas ini. Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada setiap tempat berupa pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis seperti tambal gigi, pencabutan gigi yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, dan pembersihan karang gigi serta konsultasi. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan penyuluhan kesehatan gigi serta cara cuci tangan aseptik bagi anak – anak dan remaja, disamping itu bagi ibu – ibu dan karang taruna setempat melakukan aksi peduli lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon bersama serta diajarkan mengenai pemanfaatan sampah botol plastik, pemanfaatan baju bekas dan composting oleh tim Green Ambassador Association yang merupakan duta – duta dan volunteers lingkungan hidup kota Banjarmasin.

baksosnas 5

Pendaftaran pasien pada Kegiatan Bakti Sosial baik di Mantuil maupun Aluh – aluh serentak dimulai pada pukul 08.30 – 12.00 WITA, namun pada kecamatan Aluh-Aluh hingga waktu yang telah ditentukan panitia warga masih banyak yang berminat melakukan pengobatan sehingga registrasi di Aluh – Aluh diperpanjang hingga pukul 14.00 WITA. Jumlah pasien yang terdaftar di registrasi dalam kegiatan ini kurang lebih sebanyak 1.074 orang yang terdiri dari 624 di Mantuil dan 450 di Aluh – Aluh. Dalam kegiatan Baksos ini kami juga mendapatkan dukungan dari aparat kepolisian setempat dalam pengamanan dan untuk di Aluh – Aluh  selain mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisisan dan TNI setempat juga mendapatkan kegiatan tambahan berupa pos donor darah yang diadakan dari pihak Komando Distrik Militer (KODIM) Kabupaten Banjar. Pada setiap wilayah kegiatan Bakti Sosial ini terdiri dari 5 pos tindakan yaitu pos tindakan skrining, bedah mulut, konservasi, pedodonsia, dan peridonsia. Para mahasiswa klinik berperan sebagai operator dalam setiap pos tindakan yang diawasi oleh para dosen PSKG Unlam yang turut pula dibantu oleh para dokter gigi Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, beberapa dokter gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Gusti Hasan Aman dan para dokter gigi PDGI wilayah Banjarbaru dan kabupaten Banjar, sedangkan para mahasiswa preklinik berperan sebagai asisten operator dan sebagian bertindak dalam penyuluhan. Di Aluh – Aluh dilaksanakan penyuluhan pada 4 Sekolah Dasar dan 1 SMP sedangkan di Mantuil dilaksanakan di 1 Sekolah Dasar dan 1 SMP.

baksosnas 6

Rangkaian Kegiatan Baksosnas PSMKGI yang diselenggarakan di Universitas Lambung Mangkurat ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintahan, dinas – dinas, instansi, perusahaan , dan tentu saja dari seluruh civitas akademik Universitas Lambung Mangkurat. Tercatat Gubernur Kalimantan Selatan, Walikota kota Banjarmasin, Bupati Kabupaten Banjar, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Banjarmasin, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, para aparat kepolisian, 3 sponsor besar yaitu CSR Bank Kal-Sel, PT.Unilever, dan PT.Panasea, 5 sponsor tengah yaitu bank Syariah Mbaksosnas 7andiri, Citilink, Enseval, Nonnith, Raffa Media, 34 sponsorship lainnya serta beberapa pihak sebagai donatur dilengkapi pula dengan 7 media partner yaitu RRI, Kompas, Banjar TV, Kalimantan Post, Banjarmasin Post, Media Kalimantan, Radar Banjarmasin sebagai peliput dan media promosi dalam rangkaian acara Baksosnas PSMKGI 2015 ini. Untuk tindakan rujukan terdaftar Puskesmas Pekauman kota Banjarmasin sebagai rujukan pertama tindakan di Kelurahan Mantuil , Puskesmas Aluh – Aluh sebagai rujukan tindakan di Kecamatan Aluh – Aluh serta terdapat beberapa Rumah Sakit sebagai rujukan lanjutan yaitu  Rumah Sakit Ratu Zaleha kota Martapura, Rumah Sakit Anshari Saleh kota Banjarmasin, Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Gusti Hasan Aman.

Rangkaian Kegiatan Baksosnas PSMKGI 2015 ini berakhir pada tanggal 28 Juli 2015 dengan kegiatan city tour susur sungai Martapura dari siring dermaga menara pandang ke pasar terapung Lokbaintan yang berakhir di Soto Banjar Bang Amat untuk santap kuliner, kemudian para delegasi dibawa ke pasar Martapura sebagai pusat oleh – oleh khas Kalimantan Selatan untuk berbelanja sebelum kepulangan ke daerah masing – masing.