Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) secara Nasional yang pertama di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (FKG ULM) telah suskses dilaksanakan, Minggu (09/08/2020) bertempat di Gedung Digital Library ULM jalan Brigjen H. Hasan Basri, Banjarmasin.

Ujian dilaksanakan sejak pukul 10.00 – 14.00 WITA dalam 1 (satu) tahap karena hanya melaksanakan uji teori, diikuti sebanyak 28 peserta yang terdiri dari 25 orang berasal dari FKG ULM, 2 orang dari FKG Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan 1 orang dari FKG Universitas Airlangga.

Para peserta antusias melaksanakan ujian meski dalam masa pandemi covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara ketat oleh panitia pusat UKMP2DG yaitu dengan mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker, faceshield, dan sarung tangan saat di lokasi ujian.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian, para peserta juga telah diwajibkan untuk melakukan tes rapid dan isolasi mandiri jika berasal dari luar kota Banjarmasin. Sterilisasi gedung tempat ujian berlangsung juga tidak lepas dari perhatian panitia, seluruh sudut ruangan yang menjadi lokasi uji di lakukan penyemprotan.

Dalam kesiapan pelaksanaan ujian, Panitia lokal juga diwajibkan untuk menyediakan ruang untuk isolasi beserta Tim Medis, jika ada kemungkinan peserta terdeteksi memiliki gejala-gejala covid-19. Upaya penuh ini dilakukan panitia demi memberi kenyamanan dan keamanan bagi peserta yang melaksanakan ujian untuk memenuhi syarat kelulusan, dapat dinyatakan kompeten, dan berhak dilantik atau diangkat sumpah sebagai dokter gigi.


Galeri Foto: