Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (FKG ULM) mengadakan Workshop Perancangan Strategi Pembelajaran & Kemampuan Teknis dengan materi “Siap Menjadi Dosen Daring Indonesia” bersama narasumber Dani R Firman, drg., M.Si., M.Sc. (Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran) beliau merupakan praktisi, pelatih, dan konsultan pembelajaran daring. Yang bertindak sebagai moderator ialah drg. Irham Taufiqurrahman, M.Si., Med., Sp.BMM (Wakil Dekan FKG ULM). Workshop ini diikuti 41 peserta yang terdiri dari dosen dan staf.

Workshop ini dimulai sejak pagi, Minggu (5/4/2020). Peserta tampak antusias mengikuti acara tersebut sejak pukul 09.30 sampai dengan 12.00 Wita. Workshop ini merupakan workshop perdana dengan media daring (online) yang diadakan FKG ULM di tengah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak beberapa bulan terakhir.

Kegiatan ini diisi dengan diskusi tentang bagaimana membuat media pembelajaran, macam – macam media atau aplikasi yang dapat digunakan, petunjuk penggunan aplikasi daring, teknik penggunaan kamera atau media perangkat lain, dan teknik presenting yang bertujuan agar semua dosen-dosen FKG ULM dapat dengan mudah menggunakannya dalam proses pembelajaran.

Materi workshop disampaikan menggunakan aplikasi video conference yang telah tersedia dan biasa digunakan oleh beberapa dosen FKG ULM. Workshop ini diharapkan dapat memberi penjelasan dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh dosen-dosen FKG ULM dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19.

Workshop ditutup dengan foto bersama, akan tetapi berbeda dengan dokumentasi workshop seperti biasanya, yakni hanya dengan menampilkan video dari wajah-wajah peserta workshop bersama narasumber dan moderator.

(Divisi HUMAS FKG ULM)