Pada tanggal 11 Januari 2020 bertepatan pada hari Sabtu Pagi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Mengadakan Acara “Workshop Penyusunan Standart Operasional Prosedur (SOP) bagi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat , Peserta terdiri dari seluruh tenaga pengajar/dosen akademik, profesi dan tenaga administrasi FKG Universitas Lambung Mangkurat.  Dalam acara ini didatangkan Pembicara dari Rektorat Universitas Lambung Mangkurat yakni Budi Pujo Haryono, SH., MH dan Rhoma Hidayat, S.Pd.

Adapun bentuk kegiatan Kegiatan diawali dengan pemaparan teori oleh pemateri I terkait penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kemudian dilanjutkan dengan pemaparan SOP dari masing-masing tiap unit kerja baik dari PSKG, PSPDG dan administrasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat. Pemaparan SOP masing-masing unit kerja kemudian dievaluasi oleh narasumber dan masing-masing unit kerja Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat.

Standar operasional prosedur (SOP) itu sendiri merupakan salah satu program dari Gugus Jaminan Mutudalam mengembangkan sistem penjaminan mutu akademik pada tingkat fakultas. Acara ini bertujuan untuk memberi arahan dalam penyusunan dan evaluasi Standar Operasional Prosedur disetiap unit kerja di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat. Dengan adanya Standart Operasional Prosedur, penyelenggaraan pendidikan dan administrasi di Universitas dapat berjalan dengan pasti dan profesional. Apabila semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan dalam Standart Operasional Prosedur, maka secara bertahap kualitas pengajaran dan pendidikan kepada peserta didik akan lebih professional dan mudah. Penataan tata laksana dalam bentuk penyusunan dan penerapan Standart Oparisonal Prosedur sangat penting untuk dilaksanakan agar terciptanya ketertiban dan kelancaran kerja dalam proses akademik di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat.

Untuk menjamin adanya kesamaan pengertian dan keseragaman dalam penyusunan maka perlu adanya workshop evaluasi penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi pegawai di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat.